Robot Pengganti Manusia

Robot Pengganti Manusia ?

Terlihat sudah banyak yang menggunakan robot pengganti manusia untuk melakukan beberapa pekerjaan. Kecerdasan buatan, aplikasi sains yang dipadukan dengan teknologi telah berhasil membantu dunia untuk memudahkan dan menjalankan supremasi.

Dengan eksperimen lebih lanjut pada bidang AI dan Robotika, akan muncul berbagai robot yang mampu mengalahkan kemampuan manusianya. Robot-robotnya bisa bekerja lebih mahir dan diandalkan.

Hal tersebut dikarenakan robot-robot itu tidak mudah lelah seperti manusia ketika bekerja dalam waktu lama. Akurasi tinggi dan ketersediaan sepanjang waktunya membuat penerapannya menjadi pilihan terbaik.

Robot pengganti manusia memiliki manfaat yang sangat besar, begitu juga bahayanya. Robot-robot akan mulai mengambil alih pekerjaan mulai dari pengemudi, pengepakan barang, pengantaran, pilot, dan lainnya.

Namun, hal itu tetap akan terjadi seperti pada zaman terdahulunya di mana mesin digunakan sebagai pengganti pekerjaan manusianya. Selain itu, kendaraan yang sekarang digunakan adalah revolusi dari penggunaan kuda.

Revolusi robotika bergerak semakin cepat seiring kemajuan teknologi. Perkembangannya bergerak cepat dalam otomatisasi, teknik, penyimpanan energi, kecerdasan buatan, serta penemuan mesin-mesin terbaru dalam dunia yang membantu pekerjaan manusia.

Keberadaan Nyata dari Robot Pengganti Manusia

Pada tahun 2012 lalu, ada seorang siswa Israel yang telah berhasil menggabungkan pikiran dengan gerakan robotika. Robotnya tersebut disebut dengan avatar. Siswa itu telah berhasil mengontrol avatar sebagai robot humanoidnya.

Bahkan, robot humanoidnya berhasil berjalan dengan jarak 2000 kilometer jauhnya. Yang lebih menakjubkan dari robotika buatannya, untuk menggerakannya siswa Israel itu hanya menggunakan pikirannya saja.

BACA JUGA :  Tips Memilih Laptop Terbaik 2022

Robot pengganti manusia buatan siswa Israel tersebut menggunakan fMRI atau fungsional magnetic resonance imaging untuk membaca pikirannya. Dengan begitu, komputer bisa menerjemahkan pikirannya ke dalam perintah dan dikirimkan ke robotnya.

Sistem fMRI bisa dengan mudah melihat aliran darah realtime di otak penggunanya. Dengan begitu, ketika penggunanya memikirkan maju atau mundur robotnya akan mengikuti gerakan yang dipikirkannya itu.

Robot dilengkapi dengan kamera pada bagian kepalanya, hal itu membuat penggunanya terlihat seperti berbicara kepada robotnya. Hal itu juga membuat siswa pembuatnya seperti menyatu dengan ciptaannya tersebut.

Robot pengganti manusia menjadi lebih menarik ulang, ini karena bisa digunakan oleh orang-orang dengan keterbatasan atau tunawicara. Dengan menggunakannya orang tersebut bisa berinteraksi dengan dunia seperti manusia normal.

Mengapa orang dengan keterbatasan bisa menggunakannya?, mungkin ini adalah satu pertanyaan Anda. Hal ini dikarenakan orang dengan keterbatasan tetap memiliki otak sempurna, tapi ada kesulitan ketika menghubungkan ke fisiknya.

Hal itulah yang membuat seseorang memiliki keterbatasan berbicara, melihat, mendengar. Tapi, setelah adanya penemuan robotika, keterbatasan itu sudah tidak berlaku lagi karena bisa hidup seperti manusia normal lainnya.

Melihat robot milik siswa Israel, bukan tidak mungkin jika beberapa tahun kedepan ilmuan akan menyelipkan otak komputer di kepala Anda. Dengan begitu, ilmuannya bisa mengendalikan Anda.

Daftar Profesi yang Bisa Digantikan oleh Robot Pengganti Manusia

Kecerdasan buatan telah menjadi satu hal yang telah memasuki kehidupan manusia masa kini. Adanya kecerdasan buatan berhasil mengotomatisasi serta mengubah cara bisnis dan berkomunikasi antar manusia lainnya.

Revolusinya menyebabkan adanya perubahan persyaratan dan keterampilan di sebagian besar pekerjaan, sehingga penggunaan manusia dikurangi. Berikut ini merupakan beberapa profesi yang bisa digantikan oleh robot.

1.      Akuntan

Adanya program robot pengganti manusia yang mengotomatisasi sistem akuntansi telah terbukti jauh lebih efektif daripada penggunaan manusianya. Sistem keuangannya tidak perlu dipantau terus menerus dan akan bekerja dengan sendirinya.

BACA JUGA :  4 Ciri Ponsel Kena Hack

2.      Customer Service

Banyak perusahaan yang telah mengandalkan program AI untuk menjawab FAQ dan berbagai pertanyaan pelanggan. Dengan menggunakannya, customer service tidak membutuhkan kecerdasan sosial dan emosional saat menerima keluhan pelanggan.

3.      Resepsionis

Mungkin Anda pernah melihat jika ada hotel yang telah menggunakan robot untuk menerima tamu di hotel. Robot-robotnya bisa membantu manusia atau tamu hotel untuk check-in dan check-out.

4.      Editor

Pekerjaan mengedit tentu akan lebih praktis jika dilakukan oleh robot pengganti manusia. Mendeteksi kesalahan-kesalahan seperti layaknya tata bahasa, konstruksi kalimatnya serta lainnya, bisa diotomatisasi secara mudah menggunakan robotnya.

5.      Dunia Farmasi

Pada dunia kesehatan, banyak orang mulai khawatir jika kecerdasan buatan akan mengambil alih profesinya. Hal ini dikarenakan, penggunaannya bisa lebih efektif dalam mendiagnosa suatu keluhan.

Penerapan Robot sebagai Asisten Rumah Tangga

Tidak hanya pekerjaan kantoran atau profesi lain yang bisa digantikan oleh program robotika. Tapi penggunaannya pada kegiatan rumah tangga. Hal ini dikarenakan, manusia seringkali merasa terbebani dengan kegiatan rumah tangganya.

Robot pengganti manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah tangga sebenarnya sudah ada sejak lama. Tapi, kemunculannya semakin menjamur dan juga programnya sudah lebih berkembang dari sebelumnya.

Faktanya, model dan sistem terbaru memiliki kemungkinan akan lebih ampuh dalam mengurus kebutuhan rumah tangga. Dengan begitu, pekerjaan rumah akan lebih cepat selesai secara efektif.

Asisten rumah tangga berbasis program robotika bisa didefinisikan sebagai kecerdasan buatan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Hidup tentu akan lebih mudah jika memilikinya.

Salah satu robot asisten rumah tangga dan pendamping keluarga paling cerdas serta populer di pasaran adalah Aido. Aido memiliki kecerdasan, interaktif, serta unik sehingga bisa membantu meningkatkan gaya hidup.

Tidak hanya membantu dalam beberes rumah, Aido sebagai robot pengganti manusia juga mengajak anak-anak bermain. Ada layanan fitur lainnya seperti mode patroli keamanan rumah, mengatur suhu, kelembapan, dan lainnya.

BACA JUGA :  NoonGil Revolusi Industri 4.0 Drama Start-Up

Selain itu, ada juga Zenbo, program robotika ini dikembangkan oleh perusahaan besar Asus. Untuk melakukan tugasnya bisa berkomunikasi, dan mengerjakan pekerjaan rumah secara otomatis menggunakan remote atau internet.

Zenbo memiliki layar serta memiliki fitur audio sehingga penggunanya bisa berinteraksi dengan lebih baik. Fiturnya juga sudah cukup lengkap seperti mengatur jadwal, mengenali wajah, melakukan panggilan, dan lainnya.

Dampak dari Adanya Robot Pengganti Manusia

Kehadiran robot-robot buatan para ilmuwan ini memberikan banyak dampak baik dan buruk di kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa dampak dari kehadiran robotnya di kehidupan manusia.

1.      Pekerjaan Ringan

Berbagai macam robot telah berhasil dibuat para ilmuan untuk membantu pekerjaan manusianya. Semua robot tersebut dibentuk agar manusianya bisa hidup lebih praktis dalam melakukan berbagai hal.

2.      Tidak Perlu Bayaran

Seperti diketahui robot pengganti manusia tidak perlu bayaran setelah menyelesaikan pekerjaannya. Robot-robot hanya memerlukan perawatan agar program dan mesinnya bisa berfungsi dalam jangka waktu lama.

3.      Manusianya Jadi Pemalas

Berkat kecanggihan teknologi berbentuk robotnya ini, membuat manusia menjadi lebih malas. Hal itu dikarenakan, segala aktivitasnya sudah dipermudah dengan adanya teknologi. Bisa dibilang, manusia menjadi lebih manja karena semuanya disiapkan.

4.      Lapangan Pekerjaan Hilang

Penggunaan robot pengganti manusia membuat tidak ada lapangan pekerjaan untuk manusia-manusianya. Dengan begitu, manusianya tidak akan mendapat penghasilan karena semua pekerjaannya telah diambil alih oleh robot-robot.

5.      Terjadi Krisis Energi

Seperti diketahui jika penggunaan robot membutuhkan energi listrik untuk membuatnya bergerak. Jika ada banyak robot di pasar, hal ini akan menyebabkan dunia mengalami krisis energi.

Melihat perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat manusianya terus berinovatif dalam menciptakan berbagai produk baru. Tidak menutup kemungkinan jika dunia robot pengganti manusia akan segera terjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.